Terimakasih atas kesediaan Bapak Tung Desem Waringin yang telah
dinobatkan menjadi Pelatih Sukses No 1 di Indonesia The Most Powerful People
and Ideas in Business 2005 untuk memberikan pendapat mengenai pentingnya logo
dalam Marketing Revolution. Untuk saat kami akan membahas bagaimana pentingnya sebuah logo dalam sebuah bisnis, UKM, Perusahaan.
Dalam 30 detik silakan tuliskan minimal lima logo produk yang Anda
ingat atau yang pernah Anda lihat dan kemudian gambarkan sketsa logo tersebut.
Mengapa kita mengingat logo produk tersebut? Apapun jawabannya hal tersebut
menandakan pentingnya sebuah logo bagi perusahaan dan produk
Biasanya,orang mengingat logo antara lain karena bentuknya yang unik,
menarik, eye catching, enak dilihat atau nyaman dipandangan mata dan bentuk
atau tulisannya mudah diingat. Menurut Anda,apa pentingnya logo dalam suatu
perusahaan? Dan apa hubungannya dengan Marketing Revolution? Menurut saya, logo
antara lain mempermudah kita untuk mengingat sesuatu. Karena pada dasarnya
manusia lebih mudah mengingat gambar. Oleh karena itu secara umum biasanya kita
lebih mudah mengingat wajah seseorang dari pada mengingat namanya. Maka, untuk
melakukan branding, sebuah perusahaan katakanlah produsen minuman akan
mematenkan botolnya, bentuknya, dan lain-lain yang bisa menunjukkan kekhasan
suatu produk. Tak mengherankan bila terkadang orang lebih mengingat botolnya
atau bentuk produknya, tetapi kadang lupa apa nama produknya ketika akan
berbelanja.
Oleh karena itu agar produk kita lebih mudah diingat oleh konsumen
maka selain bentuk desain produknya yang unik, juga diperlukan bentuk desain
logo yang menarik, mudah dibaca atau nyaman dilihat dan mudah diingat. Hal ini
bertujuan agar konsumen tidak mudah salah pilih dengan produk lainnya contoh
gara-gara bentuk produknya hampir sama dengan produk kita, padahal logonya
berbeda. Misalnya saja, karena sama sama produk air dalam kemasan dan bentuk
botolnya hampir sama atau karena sama-sama memakai warna dominan biru maka
terkadang orang lupa apa merek atau bagaimana logonya produk tersebut. Maka
kita perlu memilih dengan memilih desainer yang memiliki pengalaman sehingga
mampu mendesain logo sejak awal dengan penuh perhitungan yang matang antara
lain mempunyai unsur menarik, mudah dilihat atau nyaman dipandang, dan mudah
diingat.
Ini juga berkaitan dengan pilihan warna, tipe huruf dan komposisi
bentuk. Jika kita ingin memberikan penawaran yang sensasional maka orang akan
mudah mengingat produk kita dan membelinya serta tidak tertukar dengan produk
yang lain. Cukup banyak perusahaan yang mendesain logo hanya karena bentuknya
dianggap indah atau menarik saja akan tetapi tidak mempertimbangkan faktor
nyaman dilihat dan mudah diingat atau bahkan membuat logo yang mirip dengan
kompetitor. Ketika produk dipasarkan maka konsumen cukup banyak yang lupa apa
nama produknya dan bagaimana rupa logonya.
Mungkin konsumen pertama kali akan membeli produk itu namun karena
lupa merek atau logonya di kemudian hari bisa saja terjadi mereka membeli
produk kompetitor yang logonya lebih mudah diingat. Perlu diperhatikan pula
dalam memilih desain logo, baik logo produk atau perusahaan bahwa kita harus
mempertimbangkan faktor teknis desainnya. Sebagai contoh adalah bagaimana jika
logo tersebut diletakkan di kop surat, amplop, corporate identity, brosur atau
mungkin dalam beberapa bentuk dan media lain yang lebih kecil misalnya di kartu
nama, ballpoint ataupun pensil.
Jangan lupa, pertimbangkan juga apakah logonya masih terlihat dengan
jelas? Apakah desain logonya masih bisa dipertahankan komposisinya seperti
bentuk, warna, dan tipe hurufnya. Bila logonya terlalu rumit kemudian
diaplikasikan dalam media yang kecil bisakah logo tetap terlihat jelas dan
menawan.
Maka, kita tidak jarang melihat perusahaan perusahaan atau produk yang
mengganti logonya dan terkadang bahkan dengan biaya yang sangat tinggi hingga
jutaan rupiah supaya logonya menjadi lebih baik. Desain logo yang lebih baik
ini adalah memberi arti yang lebih positif, lebih menarik, nyaman dilihat,
mudah dibaca, dan mudah diingat. Jika Anda belum telanjur membuat logo suatu
produk atau perusahaan Anda maka pertimbangkan kembali faktor-faktor penting
tersebut atau serahkan pada desainer logo yang berpengalaman dan telah memilik
track record yang jelas yang bisa dilihat melalui portofolio maupun daftar
klien yang panjang.